Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and @kurniasepta Distributed by Belajar Ngeblog di Blog
Aceh Public :

?
ShoutMix chat widget
Sebesar apapun bantuan anda akan sangat berharga bagi kami... klik donate untuk akun paypal..
Terimaksih atas partisipasi anda..
aceh public Facebook  Achilles Radial Twitter  Achilles Radial RSS Feed Achilles Radial RSS Feed
all artikel availabe here 

Semakin Pintar, Robot Bisa Membaca Buku


Dilansir situs Daily Mail dan dikutip detikINET, Selasa (30/11/2010), robot bernama Marge yang diciptakan para ilmuwan itu dilengkapi software Optical Character Recognition (OCR) canggih.

Mereka menyebutkan, pengembangan robot seperti ini relatif mudah karena kini sudah banyak komputer yang dapat mengubah buku hasil pindaian ke dalam bentuk teks.

Prototipe awal robot Marge dilengkapi juga dengan fitur pengecek ejaan dan kamus, sehingga si robot dapat menerjemahkan teks yang kurang jelas. Para pengembangnya berharap, teknologi ini dapat membantu operasional tindak penyelamatan dan bisa bekerja maksimal ketika membaca simbol dan petunjuk dalam sebuah gedung.

"Dengan membaca tanda pada pintu tertutup misalnya, Anda terkadang menemukan petunjuk apa yang mungkin bisa ditemukan di dalamnya. Membaca dapat membantu Anda mendeteksi hal yang tidak dapat dilihat langsung. Kemampuan seperti ini pada robot adalah langkah awal yang signifikan," kata Ingmar Posner, ahli robot dari Oxford University yang memimpin proyek ini.

Bersama rekannya, Peter Corke dari Queensland University of Technology di Australia, dan Gregory Dudek dari McGill University di Montreal, Kanada, Posner berharap prototipe robot Marge bisa segera rampung dan bisa sangat bermanfaat di masa depan. dtk